Widget By: Aulianet

Tiba Di Pacitan, Piala Adipura Diarak Keliling

Written By Phuad Cahyono on Rabu, 08 Juni 2011 | 8.6.11

Prestasi Kabupaten Pacitan, kembali mampu memboyong anugerah Adipura untuk kali ke empat, mendapat sambutan meriah dari masyarakat.Setibanya di Pacitan, piala bidang kebersihan  itu langsung di arak menyusuri  kota Pacitan
Kirab piala Adipuira ini sendiri dimulai dari perbatasan kabupaten Pacitan dengan Jawa Tengah, tepatnya dikecamatan Donorojo. Diserahkan langsung  Bupati Pacitan Indartato kepada Camat setempat begitu selanjutnya hingga pendopo kabupaten dengan cara estafet. Bahkan khusus di Pacitan kota, piala Adipura diarak keliling melalui desa-desa dan mendapat sambutan meriah dari masyarakat yang melihat langsung di pinggir jalan.

Bupati Pacitan Indartato saat menerima kembali piala Adipura di pendopo kabupaten mengatakan, prestasi ini merupakan buah kerja keras dari seluruh komponen masyarakat. Untuk itu, mewakili pemerintah daerah orang nomor satu di Pacitan itu menyampaikan ucapan terima kasih, terlebih kepada  jajaran pasukan kuning atau petugas kebersihan. Bupati berharap, prestasi ini dapat berlanjut ditahun-tahun berikutnya.

Terpisah kepala Kantor Lingkungan Hidup, Joni Maryono menyatakan, hasil yang dicapai kabupaten Pacitan ini merupakan dorongan semangat untuk meningkatkan kebersihan di Pacitan. Intinya, bagaiman peran serta masyarakat bisa terus ada, menjaga kebersihan dan memanfaatkan sampah agar tidak menumpuk di pembuangan. Hal itu pula yang menjadi poin penting penilaian Adipura. Yakni, memperkecil penggunaan sampah terutama limbah rumah tangga yang tidak bisa didaur ulang.

Untuk mendapat anugerah tertinggi bidang kebersihan tahun ini lanjut Joni Maryono lebih berat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Dari kabupaten/kota se Indonesia tahun ini hanya diambil 63 . Padahal tahun lalu sebanyak 140 kabupaten/kota.  Di Jawa Timur, Kabupaten Pacitan mendapat piala Adipura bersama 14 kabupaten/kota lain.

0 komentar:

Posting Komentar